Cara Mudah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall

Langkah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall – Pada masalah ini mikrotik saya bermasalah hanya nampung 10 client eh mendadak cpu naik jadi 100% serta lalu ingin login ke mikrotik jadi lemot akhirnya sesudah menanti lama pada akhirnya dapat login ke mikrotiknya,,.. serta nyatanya sesudah login kepikiran untuk upgrade karna saya memakai Mikrotik RB941-2nD yang memory cuma 16MB lebih pusing sekali lagi saya hehe…



serta sesudah problem di atas saya mengambil keputusan untuk install ulang mikrotinya dengan NetInstall 😀

Langkah Reset/install ulang MikroTik Dengan Netinstall, yaitu Satu alternatif untuk reset setting mikrotik sahabat semuanya di Mikrotik RB941-2nD, RB750, RB751 maupun merk yang beda. Langkah reset mikroTik dengan netinstall ini mungkin saja langkah yang paling akhiiiiirrr kali yak yang dapat dilakuin buat reset mikrotik bebrapa sahabat.

Apa Itu Netinstall..?? 


Netinstall yaitu program yang jalan pada computer yang bebasis windows yang dapat meng-install OS MikroTik ke routerboard lewat jaringan ethernet. Netinstall dapat juga dipakai untuk install ulang OS mikrotik yang OS mikrotiknya rusak atau lupa password untuk login ke mikrotik.

Langkah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall Saya Contohkan RB941-2nD
Unduh terlebih dulu aplikasi Netinstall dari website OS MikroTik (https :// mikrotik. com/unduh)
– OS MikroTik di bagian atas (file. npk bila sahabat download yg ber extensi. zip janganlah lupa extrak)
– Netinstall di bagian paling bawah
Langkah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall
Setting IP Address PC, laptop/computer yang juga akan dipakai untuk lakukan Netinstall
Contoh : 192. 168. 88. 20.
Langkah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall
Lakukan program Netinstall yang telah di unduh barusan.
Click tombol Net booting serta aktifkan pilihan Boot Server enabled. Isikan Client IP Address dengan 192. 168. 88. 10.

Sambungkan computer/laptop ke RB941-2nd dengan kabel UTP di port WAN (ether1).
Lalu Tekan serta janganlah dilepaskan (hold) tombol RESET RB941-2nd sembari memasukkan kabel power dari adaptor sepanjang lebih kurang 15 detik hingga routerboad berhasil dideteksi oleh Netinstall (Mac Address status Ready).

Pada program Netinstall : tentukan piranti routerboard yang juga akan dikerjakan Netinstall. Lalu click tombol Browse untuk memastikan package RouterOS yang juga akan diinstall ke routerboard (saya Install RouterOS versus 6. 40. 2 seperti gambar di bawah).
Click tombol Install serta tunggulah sampai sistem instalasi usai.

Routerboard juga akan automatis reboot dengan versus RouterOS yang kita tentukan ketika instalasi dengan konfigurasi kosong (blank).
serta usai Langkah Install Ulang Mikrotik Dengan Netinstall 😀


Bila masih tetap ada yang tidak berhasil, silakan difahami dengan cermat yak, janganlah lupa langanan e-mail serta like facebook kita.

Ketidaksamaan Netinstall serta Upgrade
Sistem formatting drive berlangsung di netinstall tapi tidak berlangsung di upgrade. Selalu apa pengaruhnya? Kita ketahui kalau mikrotik sediakan memory yang kecil serta saat sistem upgrade, ada beberapa data yang mungkin saja tidak kita gunakan namun masih tetap ambil tempat di sana. Dengan NetInstall, pertama di bersihkan semua ruang penyimpanan dengan memformat drive kemudian baru dimasukkan systemnya.


Catatan : *

Bila computer, pc atau laptop sahabat tidak dapat mendeteksi MAC Address/Media di netinstall peluang dapat :

Check kabel yang dipakai Ethernetnya check apakah berperan dengan baik.
Bila PC/laptop sahabat ada lebih dari 1 LAN Card/Ethernet, disable dahulu terkecuali LAN Card yang tersambungsi dengan routerboard (contoh adapter virtualbox dan lain-lain)
Matikan firewall serta disable anti virus dahulu.
Cobalah di computer beda. (bila memanglah tidak dapat sekalipun)
Cobalah cermat sekali lagi stepnya. 😀
LihatTutupKomentar