Tutorial Cara Mudah Menggunakan SSH Keys

Apakah itu SSH Keys??? 

SSH Keys Nyaris sama dengan password namun di Enkripsi itu keterangan simpelnya, SSH Keys saya seperti yaitu kunci gembok serta kunci jati diri kita. Tetapi, ketidaksamaannya yaitu SSH Keys itu ibaratkan kunci yang dikunci.



SSH Keys adalah kunci dua arah yang didalamnya ada pasangan dari Public Key serta Private Key untuk dapat bekerja. Public Key ini adalah kode yang kita tempatkan di Server serta Private Key adalahh kunci yang dipakai untuk buka kode itu. Public Key serta Private Key ini bekerja berbarengan yang terbuat dari enkripsi yang sama-sama terkait, jadi bila satu diantara tak ada jadi sangat susah untuk memecahkannya.

Baca Juga

Langkah Meng-install Softether VPN Client
Langkah Memperoleh SSL Gratis Dari Let’s Encrypt

Kok Dapat demikian? jawabanya dapat dong 😀
Password yaitu kunci satu arah. Diisi huruf, angka atau lambang yg tidak terenkripsi serta tidak terlindungi. Selama apa pun atau sesulit apa pun password anda, dengan cara bruteforce selanjutnya juga akan teratasi juga (walau terkadang memerlukan saat yang begitu lama no sistem is safe).

Mekanisme ganda berikut sebagai argumen kenapa memakai SSH Keys tambah lebih aman dari pada memakai password. Karna SSH Keys itu seperti password yang terpassword. mantep gx tuch 😀

Bagaimana Memakai SSH Keys? 


Untuk memakai SSH keys, cobalah ikuti tips berikut ini.

Buat/Membuat Public Serta Private Key
Untuk buat Privat serta Public Key ini kita butuh memakai software PuTTYGen yang seringkali dipakai beberapa mastah. Untuk hasilkan Public serta Private Key, langkahnya di bawah.

1. Unduh serta Lakukan PuTTY Terutama dahulu
PuTTYGen dapat di unduh diSini bila ada yang belum juga miliki. Sesudah usai di unduh, double click PuTTYgen untuk mejalankannya seperti gambar berikut ini jangan pernah salah 😀
Langkah Gampang Memakai SSH Keys

2. Key Tipe Standar yang umum di gunakan seperti dibawah 

Key Tipe SSH-2-RSA yang telah Umum dipakai.
Langkah Gampang Memakai SSH Keys

3. Number of bits in a generated key (bawah SSH-2-DSA) 

Number of bits in a generated key yaitu tingkat bit yang dibuat untuk mengenkripsi Keys/Kunci. Makin tinggi number of bits yang dipakai jadi makin tinggi juga tingkat kesusahan enkripsinya serta makin lama juga kita untuk generate keys nya. Default dari Number of bits ini yaitu 2048

Kita dapat juga mengubah sesuai sama angka yang kita ingginkan. Tapi ingat kalau makin besar angka itu, saat yang diperlukan untuk men-generate keys itu juga akan makin lama sob (saya memakai Standar 2048).

4. Generate Keys/Buat Keys 

Click Generate Keys, sistem ini juga akan jalan bila cursor di gerak-gerakkan di dalam blank ruang PuTTYgen. Gerakkan selalu hingga Public serta Private Key usai di generate.

Sebelumnya mengeksport data, kita bisa mengisikan/lengkapi info penambahan seperti key comment, key passphrase & confirm tetapi ini berbentuk opsional saja (bisa di isi atau di lalui saja).

5. Extras Information


Langkah Gampang Memakai SSH Keys1

Sebelumnya anda mengeksport data, anda bisa mengisikan/lengkapi info penambahan seperti key comment, key passphrase & confirm tetapi ini berbentuk opsional saja (bisa di isi atau tidak).

6. Ekspor Keys & Save 


Untuk menaruh Private Keys, click Save Private Keys click Yes. Rename nama file nya sesuai sama apa yang diinginkan anda, lalu tekan Save. Di sini berExtensi. ppk contoh serverdeploy. ppk

Unggah Public Keys ke Server

Sesudah SSH Keys nya kita buat jadi setelah itu kita butuh mengupload Public Keys ke server. Kesempatan ini saya juga akan memakai SSH

Login SSH

Buat Folder/directory SSH Keys
Buat folder untuk menempatkan Public Keys kita dalam SSH. Lalu buat file yang bernama “authorized_keys”. File ini adalah file standar yang dipakai SSH untuk menyebut Public Keys,
perintahnya berikut ini.

mkdir ~ /. ssh

chmod 0700 ~ /. ssh

touch ~ /. ssh/authorized_keys

chmod 0644 ~ /. ssh/authorized_keys

3. Masukan Public Key 


Masukan Public Key yang di taruh kedalam notepad barusan ke file server yang sudah kita buat “authorized_key”. Save serta Restart SSH service ssh restart untuk ubuntu serta turnannya atau service sshd restart untuk centOS.

Login Memakai SSH Keys
Buka kembali PuTTY baru. Masukan IP/hostname server kita. Lalu masuk ke Connection SSH Akun Browse Tentukan file serverdeploy. ppk misalnya yang barusan telah di buat.
Langkah Gampang Memakai SSH Keys2

Catatan :
Bila anda menginginkan membatasi login cuma dengan Key saja, Masuk ke/etc/ssh/sshd_config dapat memakai Editor Vim atau yang lainnya, lantas ubah di bagian “PasswordAuthentication” jadi No serta UsePAM jadi No. Taruh, lantas restart SSH Daemon.

Check kembali permission dari folder. ssh (0700 dianjurkan) serta authorized_keys (0600 dianjurkan) Serta selamat coba, mudah-mudahan artikel Langkah Memakai SSH Keys dengan Gampang berguna untuk sahabat semuanya 😀


Janganlah lupa Berbagi & Like

LihatTutupKomentar