Cara Create Aplikasi Untuk Di Salurkan Ke Firefox OS

Mozilla menjadi salah satunya perusahaan pembuat browser populer didunia, sekarang sudah membuat skema operasi mobile-nya sendiri yang dinamakan Firefox OS.

Menariknya semua aplikasi Firefox OS yang ada di Firefox Marketplace terbuat dari HTML5, JavaScript, dan CSS hingga skema operasi ini seperti seperti suatu browser berupa hp.



Untuk tahu selanjutnya tentang Firefox OS ini buat pengembang aplikasi, saya akan menyediakan info tentang tips basic pembuatan aplikasi untuk Firefox OS.

Arsitektur Skema Firefox OS 


Firefox OS ini memang menarik karena memiliki tiga sisi arsitektur utama dalam bangun skema operasinya. Sisi ini terbagi dalam Gaia, Gecko, serta Gonk. Di bawah ini adalah keterangan singkat tentang ke-3 sisi itu.

Gaia 


Gaia adalah sisi penampilan antarmuka dari Firefox OS. Semua aplikasi yang tampak dengan kasat mata oleh pemakai Firefox OS adalah sisi dari Gaia. Diluar itu, penampilan halaman awal serta monitor kunci dari Firefox OS diimplementasikan oleh Gaia. Tentu saja sisi ini juga dibikin seutuhnya memakai HTML, CSS, serta JavaScript.

Gecko 


Gecko ini adalah sisi terpenting dalam menghubungkan pada sisi Gaia serta Gonk supaya bisa sama-sama berkomunikasi di mana sisi ini akan lakukan konversi operasi yang dikerjakan pemakai pada sisi Gonk supaya bisa langsung digerakkan piranti keras. Sisi Gecko terbagi dalam JS Runtime serta API untuk terhubung piranti keras.

Gonk 


Gonk ini adalah sisi sebagai jembatan penghubung pada piranti lunak dengan piranti keras pada Firefox OS. Sisi ini di bangun oleh kernel Linux hingga langsung dapat berkomunikasi dengan piranti keras.

Arsitektur Firefox OS 3G

Membuat Aplikasi basic di Firefox OS 


Pada intinya Firefox OS ini memakai jenis pemrograman seperti saat membuat suatu web yakni memakai HTML, CSS, serta JavaScript untuk bangun aplikasinya. Tersebut saya akan menguraikan dikit bagaimanakah cara membuat aplikasi simpel dengan memakai HTML basic yang bisa digerakkan di Firefox OS.

Untuk langkah awal, pembaca mesti membuat suatu folder utama yang mempunyai tujuan jadi area untuk menyimpan asset dari aplikasi baik itu file media ataupun kode program. Nama folder utama ini bebas bergantung dari penamaan yang diharapkan.
Sesudah folder utama tuntas dibikin, pembaca bisa buka aplikasi editor teks seperti Notepad, Notepad ++, atau yang lain.

Dalam aplikasi editor teks ini pembaca bisa membuat dua kode program utama yang terbagi dalam Index. html serta Manifest. webapp.

Sesudah ke-2 kode program utama itu sudah tuntas dibikin, karena itu pembaca bisa lakukan eksperimen aplikasi di Firefox OS Simulator.

Manifest. webapp ini adalah file yang berisi info serta konfigurasi tentang aplikasi. Sedang Index. html ini adalah file utama dari suatu aplikasi.

Menjadi penambahan, pembaca bisa memberikan JavaScript, CSS, serta asset yang lain ke folder utama untuk bikin aplikasinya jadi lebih menarik. Untuk lihat contoh secara langsung dari pengembang aplikasi Mozilla ini pembaca bisa berkunjung ke halaman sah tutorial Firefox OS.

Firefox OS Simulator 


Sesudah pembaca membuat suatu aplikasi simpel dengan memakai Index. html serta Manifest. webapp pada sebuah folder, karena itu langkah selanjutnya merupakan menyiapkan Firefox OS Simulator hingga bisa lihat hasil penampilan dari aplikasi yang sudah dibikin.

Untuk memperoleh Firefox OS Simulator ini bisa dikerjakan dengan langkah gampang seperti berikut :

Lakukan Mozilla Firefox Browser

Lalu dapat mencari add ons Firefox OS Simulator di mesin-pencari atau secara langsung berkunjung ke halaman sah Firefox OS Simulator

Sesudah muncul halaman Firefox OS Simulator, setelah itu pembaca bisa pilih tombol “+Add Firefox” supaya selekasnya diintegrasikan di Mozilla Firefox Browser.

Tunggulah sesaat sampai proses integrasi tuntas.

Sesudah sukses terintegrasi, karena itu pembaca bisa pilih menu utama di Firefox lalu pilih menu “Developer”.

Pada menu “Developer”, pembaca bisa pilih menu “Firefox OS Simulator”.

Sesudah muncul halaman penyusunan Firefox OS Simulator karena itu pembaca bisa pilih tombol “Add Directory” untuk memberikan file Manifest. webapp yang tersimpan dalam folder yang sudah dibikin.

Saat asset maupun data dari aplikasi yang dibikin sudah komplet karena itu simulator akan memvalidasi OK, sedang jika ada kekurangan karena itu simulator akan tampilkan pesan peringatan validasi bersama keterangan tentang kekurangnya.

Sesudah aplikasi tercatat di halaman penyusunan di Firefox OS Simulator, karena itu pembaca bisa aktifkan simulator dengan mendesak tombol dari “Stopped” jadi “Running”.

Penampilan dari Firefox OS Simulator yang dipertunjukkan hampir serupa persis dengan penampilan pada hp pandai berbasiskan Firefox OS.

Program yang tampil di simulator ini akan persis sama dengan penampilan di piranti Firefox OS.
Ini adalah beberapa info singkat serta tips basic peningkatan aplikasi di Firefox OS. Bila ada pembaca yang ingin meningkatkan aplikasi serta tahu selanjutnya tentang skema operasi ini, langsung dapat berkunjung ke halaman sah untuk pengembang aplikasi di Firefox OS Developer.
LihatTutupKomentar